Internasional

Mesir Tunggu Kedatangan Su-35 Buatan Rusia

Red : Ahmad Mulyadi

KAIRO, TIMUR MEDIA – Pemerintah Mesir tengah menunggu kedatangan pesawat tempur buatan Rusia, Sukhoi 35 (Su-35). Demikian dilansir media spesialis politik internasional asal Italia, Sicurezza Internazionale (19/12/2020).

Dengan mengutip laporan surat kabar al-Araby al-Jadeed, Sicurezza Internazionale menyebutkan pengiriman Su-35 dalam waktu dekat ini didasarkan pada kesepakatan yang dibuat pada 18 Maret tahun lalu antara Kairo dan Moskow. Saat itu, negeri yang berada di Afrika Utara itu disebut menyetujui harga senilai dua miliar dollar AS untuk mendatangkan 24 jet tempur pesawat multi peran tersebut dari Rusia. Dalam kesepakatan itu, juga disebutkan bahwa pengiriman Su-35 akan dilakukan secara berangsur antara 2020 dan 2021.

Pembelian Su-35 ini menurut sejumlah pengamat militer merupakan langkah Mesir untuk memperbaiki strategi geopolitiknya. Strategi yang dimaksud yaitu pertama untuk mengimbangi kekuatan militer negara tetangganya di front timur, Israel, yang telah dipasok sejumlah pesawat F-35 dari Amerika Serikat. Yang kedua, Mesir yang sebelumnya lebih berkonsentrasi kepada front timur, kini mulai meningkatkan kewaspadaan juga di front lain. Dengan demikian, militer Mesir kini memerlukan tambahan pesawat multi peran dengan teknologi terkini untuk mengimbangi kekuatan Israel di front timur dan untuk menambah kekuatan militer di front lainnya.

Sebagai informasi, Su-35 sejauh ini memang termasuk salah satu pesawat tempur terbaik di kelasnya. Dengan panjang sekitar 22 meter dan tinggi 6 meter, pesawat ini mampu mencapai kecepatan 2.800 kilometer per jam dan ketinggian 11 kilometer dengan jangkauan 4.500 kilometer. Artinya, pesawat ini jauh lebih cepat dibandingkan F-35 yang kecepatannya hanya 1.900 kilometer per jam. 

Selain itu, pesawat ini pun telah dilengkapi beberapa jenis rudal jarak pendek, menengah dan jauh dengan akurasi tinggi serta sistem radar canggih yang dapat melacak target musuh baik di darat, laut maupun udara. Pesawat ini pun disebut memiliki kemampuan manuver yang baik sehingga secara kualitatif bisa unggul dalam pertempuran udara.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button