Nasional

Menkes: Vaksin Sinovac Barangnya Belum Ada

Reporter: Ryan I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah belum bisa memastikan kapan penyuntikan vaksin di Indonesia dilakukan. Alasannya, belum ada vaksin dari perusahaan mana pun yang dikirim ke Indonesia.

“Kalau waktu belum tahu ya, wong barangnya belum ada. Saya kira kalau barang ada ya menyikapinya beda,” ujar Terawan dalam rapat kerja di DPR RI, Selasa 16 November 2020.

Menkes menjelaskan, hingga saat ini vaksin yang sudah ada di Indonesia hanyalah vaksin Sinovac. Itu pun vaksin masih dalam tahap uji klinis tahap ketiga. Tapi hasilnya belum ada. Vaksin ini juga belum mendapat izin layak edar dari BPOM dan belum pula mendapat sertifikasi halal MUI.

Terawan berujar, selain vaksin Sinovac belum ada lagi vaksin lainnya di Indonesia. “Yang lain memang belum datang, belum ada. Kalau ada ya mungkin akan berbeda,” tegasnya.

Di Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Menkes dicecar pertanyaan kapan sebenarnya vaksinasi dilakukan pemerintah. Sebab, sebelumnya beredar bahwa vaksinasi dilakukan pada November atau Desember.

Namun, ia tidak bisa menjawab dengan lugas pertanyaan dari para anggota Parlemen. “Karena belum ada vaksinnya, ya saya gak bisa ngomong apa-apa. Kan belum ada. Karena itu semua masih rencana,” tegas Terawan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button