Kaltim

Mengenal Syukri Wahid

Report: Maya I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – drg. Syukri Wahid. Selain sebagai dokter gigi, ia juga dikenal sebagai pendakwah, penulis  buku, cendikiawan Muslim, dan politikus Partai Keadilan Sejahtera aka PKS. Dikenal pula sebagai teman dekat dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi.

Dalam percaturan politik Kaltim, terutama di Balikpapan, nama Syukri Wahid tidak asing lagi. Ustadz Eswe atau SW, sebutan karibnya. Politisi yang juga seorang penulis ini dikenal sangat kritis terhadap kebijakan Pemerintah Balikpapan. Pada 2011 ia pernah maju dalam Pilwali Balikpapan namun gagal. Kendati begitu, ia selalu terpilih menjadi anggota DPRD Balikpapan, selama tiga periode.

Syukri dilahirkan di Pomala, Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada 23 April 1976. Semasa kecil memiliki cita menjadi seorang dokter. Keinginannya didukung sang ayah, Abdul Wahid, dan ibunya yang bernama Kartini.

Pada 1995, memulai kuliahnya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. Ia aktif di dunia organisasi kampus. Pendakwah yang hobi menulis itu sempat menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Komisariat FKG Unhas. Mengenal dunia politik di kampus saat usianya 21 tahun, dengan menjadi ketua Partai Keadilan Makassar. Saat itu, statusnya masih mahasiswa FKG Unhas semester 11.

Tumbuh besar dari dari keluarga berada. Tapi, bukan berarti kehidupannya nyaman. Ia bekerja paruh waktu mengantarkan buletin ke masjid setiap Jumat selepas pulang kuliah dengan gaji Rp 8 ribu per jam.

Alumnus SMP 1 Bintan Timur itu pernah juga menjadi penyuplai buah-buahan ke koperasi kampus. Pada 2000, lulus dari FKG dan melanjutkan profesi dokter gigi. Kemudian lulus tahun 2002. Tahun itu pula, mulai merantau ke Balikpapan karena istrinya, dr Fatimah yang dinikahi tahun 2000 berasal dari kota ini.

Ia menumpang bersama keluarga sang istri. Saat itu juga belum punya cukup modal membuka praktik. Seiring waktu Syukri diterima menjadi dokter gigi di RS Bhayangkara. Jebolan SMA 5 Makassar itu, membuka usaha supplier alat-alat kedokteran gigi. Tahun 2004, Syukri baru bisa membuka praktik.

Kemudian ia malang melintang di Partai Keadilan Sejahtera, yang sebelumnya bernama Partai Keadilan. Di tahun 2011, Syukri menjadi calon wali kota Balikpapan, namun kandas oleh petahana Rizal Effendi.

Ia berasal dari keluarga yang berkecukupan, lahir dari seorang ayah yang bekerja sebagai karyawan PT Aneka Tambang. Selama hidupnya ia merantau di lima daerah. Lahir di Pomalaa, Kolaka, Sulawesi Tenggara. Lalu pindah ke Ternate selama dua tahun. Merantau lagi ke Pulau Gebe, Halmahera. Lalu, pindah ke Pulau Bintan selama lima tahun. Setelah itu berlanjut ke Makassar 10 tahun. Terakhir, tinggal di Kota Balikpapan sampai sekarang.

Sebagai pendakwah yang hobi menulis, Syukri kerap mengirimkan tulisannya ke pelbagai media massa. Di antaranya, Republika, Timur Media dan Klik Balikpapan. Ia juga menelurkan tiga buku, antara lain, menyoal sejarah, agama dan politik. Ia juga senang musik. Hobi musik ini sudah tertanam sejak SD. Ia bisa bermain gitar, piano dan drum.

Selama menjadi kader PKS, Syukri kerap mendapat raihan suara tertinggi. Lolos di DPRD pada periode 2009–2014 dengan 1.600 suara. Pada periode 2014–2019, memperoleh 2.500 suara. Dan pada periode 2019-2024, mendapat suara 4.252 suara.

Syukri Wahid

Lahir: Pomalaa, 23 April 1976

Istri: dr Fatimah

Anak: Dhiya Raihani, Ahmad Syauqi Zulfauzi, Aqilah Hanifah

Pendidikan

SD Antam Pulau Gebe , Halmahera Tengah

SD 006 Kijang, Bintan Timur Kepulauan Riau

SMP 1 Kijang, Bintan Timur

SMP Antam Pomalaa, Kolaka Sultra

SMA 5 Makassar, Sulsel

Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hasanuddin, Sulsel

Karier

Dokter gigi RS Bhayangkara Polda Kaltim

Dokter gigi Klinik Ibnu Sina Balikpapan

Praktik Dokter Gigi Apotek Kimia Farma

Komisaris PT CIM

Komisaris PT Sky Dental

Wakil Ketua DPRD Balikpapan (2009-2014)

Ketua Komisi I DPRD Balikpapan (2014-2019)

Organisasi

Ketua Komisariat HMI FKG Universitas Hasanuddin

Ketua Musala Al Ikhlas FKG Universitas Hasanuddin

Pengurus Sema FKG Universitas Hasanuddin

Pengurus Lembaga Dakwah Kampus MPM Universitas Hasanuddin

Ketua IKA Universitas Hasanuddin Balikpapan (2010-2014)

Penasihat Persatuan Dokter Gigi Indonesia Cabang Balikpapan

Ketua DPD PKS Balikpapan

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button