Balikpapan

Mendagri Minta Daerah Bantu APD Pilkada

Balikpapan berharap ada bantuan dari APBN.

Report: Hendra I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian telah meminta seluruh daerah untuk membantu penyediaan alat pelindung diri atau APD dan fasilitas pendukung protokol kesehatan Covid-19. Bantuan itu dikhususkan untuk pelaksanaan Pilkada Desember 2020.

Menurut Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, permintaan itu juga berlaku untuk wilayahnya. “Daerah diminta berpartisipasi apakah dalam bentuk APBD atau APD untuk kebutuhan KPU,” jelas Rizal. Bantuan bisa melalui alokasi anggaran daerah atau langsung fasilitas pendukung protokol korona.

Atas permintaan ini, ia telah menyampaikan ke Mendagri bahwa Balikpapan tak memiliki anggaran lagi. “Karena telah dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Pendapatan asli daerah bahkan kemungkin anjlok hingga 50 persen.”

Saat ini KPU Balikpapan masih membutuhkan APD dan fasilitas pendukung protokol kesehatan untuk melakukan tahapan pilkada. “Tapi kalau bantuan untuk APD kita lihat kondisi kita. Kalau APBD kita sudah bilang kalau bisa diantisipasi APBN,”  ujarnya.

Selama ini, sambung Rizal, pemerintah Balikpapan telah memberi bantuan rapid test bagi komisioner,  pegawai dan staf Sekretariat KPU Balikpapan. Termasuk bantuan untuk 132 Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara. “Rapid test kita sudah bantu, tapi kalau untuk APBD kita masih mau lihat dulu, belum tahu,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button