Kaltim

Medio April, Dua Lab Kaltim Difungsikan

Mempercepat pelacakan kontak.

Report: Robi| Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengaku telah berkordinasi dengan Kemenkes terkait pemasangan alat uji di Balikpapan dan Samarinda.

Dua laboratorium penguji itu, ditargetkan laboratorium bisa berfungsi pada pertengahan April ini. Permohonan pemasangan lab lantaran lamanya waktu pengujian untuk memastikan pasien terinfeksi korona atau tidak.

Demikian diutarakan Wagub Hadi Mulyadi, Rabu 8 April 2020. Menurutnya laboratorium dengan metode Polymerase Chain Reaction atau PCR tersebut rencananya berada di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Sedangkan untuk Balikpapan akan ditempatkan di RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo. “Kalau kondisi darurat, laboratorium Dinkes Kaltim juga akan difungsikan,” jelas Wagub Hadi.

Ia melanjutkan, “Laboratorium akan secepat mungkin difungsikan untuk memudahkan dan mempercepat kepastian serta mendeteksi pasien positif terinfeksi Covid-19 atau tidak,” tutur Wagub Hadi.

Selama ini pasien yang diduga terjangkit Covid-19 yang dilakukan uji swap harus ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Surabaya, Jawa Timur.

Sedangkan untuk mengetahui positif atau tidak memerlukan waktu 4-5 hari. Kondisi ini membuat penangan di daerah kerap terkendala, terutama dalam pelacakan kontak pasien.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button