Internasional

Mantan Presiden Prancis Tutup Usia

Red: Ahmad Mulyadi

PARIS – Mantan Presiden Republik Prancis, Valery Giscard d‘Estaing tutup usia. Seperti dilansir Sueddeutsche Zeitung, Mantan politisi Parti Republicain ini dinyatakan meninggal dunia kemarin (2/12/2020) di usianya yang ke 94 tahun.

Sebelum meninggal dunia, mantan politisi berhaluan kanan konservatif ini sempat dirawat selama lima hari di sebuah rumah sakit di Kota Tours, di Perancis bagian barat. Menurut harian Frankfurter Allgemeine Zeitung, Giscard menderita sakit jantung yang kemudian diperburuk oleh COVID-19.

Meninggalnya Giscard menimbulkan duka mendalam terutama bagi rakyat Prancis. Sejumlah politisi papan atas Prancis pun menyampaikan duka dan mengenang jasa Giscard yang telah memimpin negeri Hexagon selama tujuh tahun itu (1974-1981). Mantan Presiden Prancis Nicholas Sarkozy menyebut Giscard berjasa memodernisasi Prancis. Sementara Mantan Presiden Prancis lainnya, Francois Hollande, menyebut Giscard berjasa membawa Prancis lebih terbuka di dunia internasional.

Semasa karir politiknya, pria yang juga fasih berbahasa Jerman ini memang dikenal sebagai politisi Pro-Eropa dan Aliansi Jerman-Prancis. Bersama Helmut Schmidt, Giscard merupakan tokoh sentral dalam membangun fondasi Uni Eropa dan Aliansi Jerman-Prancis. Pria kelahiran Koblenz, Jerman ini pun termasuk salah satu perintis kelompok G6 yang beranggotakan Prancis, Jerman, Italia, Inggris, Jepang dan Amerika Serikat (kelompok ini kemudian sempat menjadi G8 dan sekarang menjadi G7 seiring perubahan jumlah anggotanya).

Semasa menjadi Presiden Prancis, Giscard pun pernah didampingi politisi ternama Prancis lainnya, Jacques Chirac. Saat itu, Jacques Chirac dipercayai Giscard untuk menjadi perdana menterinya. Chirac telah tutup usia pada tahun lalu di usianya yang ke 87 tahun.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button