Internasional

Mantan Menlu Jepang Jadi Kandidat Kuat Pengganti Abe

Red : Ahmad Mulyadi

TOKYO, TIMUR MEDIA – Mantan Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida, disebut menjadi kandidat kuat Perdana Menteri Jepang berikutnya. Demikian disampaikan media internasional asal Rusia, RT (1/9/2020).

Majunya Fumio Kishida sebagai calon Perdana Menteri Jepang ini terutama jika yang bersangkutan resmi terpilih sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang merupakan pemegang mayoritas kursi di parlemen. Dalam sistem politik di Jepang, partai mana pun yang memegang mayoritas di parlemen, maka pemimpin partai tersebut berhak menduduki posisi perdana menteri.

Fumio Kishida sendiri, pada Selasa ini (1/9/2020) telah resmi mendaftarkan diri sebagai calon pemimpin LDP. Sebelumnya, politisi berusia 63 tahun ini menduduki jabatan Menteri Luar Negeri di Kabinet Kedua dan Kabinet Ketiga Perdana Menteri Shinzo Abe (2012-2017). Setelah itu, ia menjabat sebagai anggota parlemen Jepang dan Ketua Dewan Riset Kebijakan LDP.

Sebagai informasi, posisi Perdana Menteri Jepang saat ini  masih dijalankan Shinzo Abe yang telah resmi menyatakan mundur dari jabatan tersebut pada Jumat lalu (28/8/2020) karena faktor kesehatan. Menurut laporan sejumlah media setempat, Abe akan terus menjalankan fungsinya tersebut selama penggantinya belum diresmikan sebagai perdana menteri yang baru.

Meski Abe menyatakan mundur sebelum selesai masa periodenya, politisi berusia 65 tahun itu tercatat sebagai Perdana Menteri Jepang dengan masa jabatan paling lama dalam sejarah Jepang. Politisi LDP ini telah menjabat PM Jepang sejak 2006-2007. Lalu ia mundur dengan alasan kesehatan. Setelah itu, ia maju lagi sebagai Perdana Menteri Jepang pada 2012 lalu.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button