Bencana Alam

Manado Diterjang Gelombang Pasang

Report: Janu I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Video pusat perbelanjaan Manado Town Square, Manado, Sulawesi Utara, diterjang banjir viral di media sosial. Banjir itu ternyata dari gelombang laut pasang di dekat lokasi.

Informasi itu dibenarkan Kabid Humas Polda Sulawesi Utara, Kombes Jules Abraham Abast. Gelombang itu diduga akibat cuaca ekstrim dan hingga gelombang laut sampai ke darat.

“Barangkali kebetulan gelombang laut sedang pasang dan naik secara ekstrim,” papar Jules, dilaporkan Detik, Minggu 17 Januari 2021. Ia mengamini lokasi Mal Mantos memang ada di pesisir pantai sehingga terendam banjir laut pasang.

Namun ia memastikan kejadian yang diduga terjadi sore hari tadi hanya fenomena laut pasang. Musababnya, karena letak Mantos yang dipinggir laut dan lokasi itu dulunya laut yang ditimbun.

“Harapannya hanya fenomena alam biasa karena naiknya air pasang,” katanya. Ia mengingatkan agar masyarakat tetap waspada terkait banjir pasang tersebut. Masyarakat di sekitar pesisir pantai juga diminta untuk menjauhi lokasi untuk sementara waktu.

“Semoga tetap aman dan masyarakat di pesisir pantai dapat menjauhi lokasi yang rawan terjadi bencana,” jelasnya.

Menurut data BMKG, gelombang pasang itu mencapai tiga meter dan menerjang kawasan bisnis di Kota Manado, Sulawesi Utara. Gelombang itu dipicu angin kencang.

Kondisi angin, mengalami puncaknya yang berkisar antara 15-30 knot atau sekitar 30-60 kilometer per jam. Sampai beberapa hari ke depan masih berpotensi angin kencang tapi intensitas reratanya berkisar 10-20 knot. Gelombang pasang ini juga menerjang wilayah Pantai di Kecamatan Tumpaan. Puluhan rumah warga di pesisir pantai terendam air laut hingga betis dewasa.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button