Balikpapan

Malam Tahun Baru, Sejumlah Jalan Ditutup

Report: Taufik Hidayat I Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Satuan Polisi Lalu lintas Polresta Balikpapan, melakukan pengalihan arus lalu lintas untuk mencegah terjadinya kerumunan di malam tahun baru. Sejumlah titik ruas jalan pun ditutup.

Hal ini mengacu Surat Edaran Wali Kota Balikpapan No 300.2/1127/pem terkait pembatasan dan pengaturan kegiatan masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono, menjelaskan Lapangan Merdeka menjadi salah satu titik yang dilakukan penutupan. “Arus ke lokasi tersebut dilakukan pengalihan agar tidak terjadi keramaian dan kerumunan,” jelasnya, Kamis 31 Desember 2020.

Ia berujar, Tim Gabungan Satlantas Polresta, Polda Kaltim dan Dishub Balikpapan, mulai melakukan penyekatan pengalihan arus lalu lintas pada pukul 20.00 Wita.

Titi tersebut, lanjut Irawan, di Jalan Jenderal Sudirman mulai Simpang Balikpapan Plaza sampai Lapangan Merdeka. “Sebelum pengalihan arus lalu lintas, kita sudah melakukan sosialisasi kepada warga Balikpapan melalui sosial media, media cetak dan elektronik,” jelasnya.

Irawan memaparkan sejumlah jalan yang dialihkan hanya bisa diakses warga setempat yang tinggal di wilayah Kelurahan Klandasan Ilir dan sekitarnya.

“Hanya warga setempat saja yang bisa mengakses lokasi arus lalu lintas yang dialihkan. Itu pun harus dibuktikan dengan KTP,” jelasnya.

Menurutnya saat malam tahun baru pihaknya menerjunkan sebanyak 120 personel Tim Gabungan Satlantas Polresta, Polda Kaltim, dan Dishub Balikpapan untuk mengamankan beberapa titik keramaian.

Selain itu para petugas diminta memecah arus kendaraan dan mengimbau masyarakat di tempat umum untuk membubarkan diri ke rumah masing-masing.

“Pengalihan arus lalu lintas ini sudah dipastikan membuat kepadatan di kawasan Muara Rapak dan Gunung Pasir, untuk itu telah dilakukan antisipasi jajaran Dinas Perhubungan,” jelasnya. Pengalihan arus dilakukan dengan melihat situasi sampai pergantian tahun.

Jika masih ada aktivitas masyarakat di jalan, maka akan dilakukan penutupan. Namun jika sudah berangsur normal dan situasi kondusif, akan dilakukan pembukaan kembali.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button