Kaltim

Majid Terapung Bontang Siap Diresmikan

Report: Yoyo I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Masjid Terapung  Loktuan akan diresmikan pekan ini. Peresmian masjid di atas laut itu, menurut rencana dilakukan pada Jumat 11 Maret 2022 pagi. Diharapkan saat shalat Jumat sudah bisa dilakukan di masjid ini.

Hal itu diutarakan Wali Kota Bontang, Basri Rase. “Kami resmikan Jumat paginya, siangnya sudah bisa kami pakai salat Jumat berjamaah,” ujarnya, Senin 7 Maret 2022. Selain untuk shalat Jumat, masjid ini nantinya juga digunakan untuk shalat Teraweh pertama, pada Ramadhan bulan depan.

Basri membeber bangunan masjid itu menghabiskan anggaran Rp 60 miliar. Selain untuk shalat, lanjutnya, Masjid terapung Bontang digunakan untuk agenda keagamaan sepanjang Ramadhan.

Terkait pembentukan Badan Pengelola Masjid, rencananya akan dibentuk usai dirinya melakukan kunjungan.  Untuk sementara ia menunjuk Kepala Dinas Perhubungan menjadi ketua takmir Masjid Terapung.

“SK setelah ini akan dibuat,” tuturnya. Usai penerbitan SK terkait, pihaknya akan menentukan nama masjid Terapung tersebut.

“Saat ini belum mempunyai nama, nanti kita akan tentukan namanya juga setelah ini, saya inginnya seperti nama-nama masjid di Makkah atau Madinah,” ujar Basri.

Terkait interior dan kelengkapan di dalam masjid, Kabid Tata Ruang dan Tata Bangunan Dinas PUPRK, Robysai Manassa Mallisa mengatakan, soal karpet dan mimbar akan dibahas usai peninjauan.

“Kalau sarana pendukung seperti pagar dan taman belum bisa terealisasi tahun ini,” jelasnya. Sarana prasarana itu baru bisa dianggarkan tahun depan. Tahun ini baru sebatas perencanaan. Realisasinya di anggaran murni tahun 2023.

“Semoga tidak ada kendala,”harapnya.

Parlemen: Lupakan Covid, Kembali ke Masjid

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button