Internasional

Macron Gelar Konferensi Bantu Lebanon

Red : Ahmad Mulyadi

PARIS, TIMUR MEDIA – Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menggelar Konferensi Internasional Penggalangan Dana untuk Lebanon, pada Ahad ini di sebuah kota di selatan Prancis. Demikian dilaporkan Kantor Berita Turki, Anadolu Agency (9/8/2020).

Konferensi yang digelar secara virtual pada pukul 12.00 waktu setempat itu diikuti oleh para pemimpin dari sejumlah negara seperti Inggris, Amerika Serikat (AS), Rusia, Cina, Saudi Arabia, Qatar, Mesir dan Uni Emirat Arab. Menurut agenda, Presiden AS Donald Trump dan Presiden Lebanon Michel Aoun juga hadir di acara yang mendapatkan dukungan dari PBB tersebut.

Konferensi tersebut diharapkan dapat menjadi perantara dunia internasional untuk meringankan beban rakyat Lebanon yang menderita akibat dua ledakan besar yang mengguncang ibu kota Lebanon pada Selasa lalu.

Akibat musibah itu, sedikitnya 158 orang meninggal dunia dan lebih dari 6000 orang luka-luka. Selain itu, ledakan itu pun telah merusak gedung-gedung, kendaraan-kendaraan dan sejumlah fasilitas umum yang berada di sekitar pelabuhan lokasi pusat ledakan tersebut.

Pasca ledakan tersebut, keadaan ekonomi dan politik dalam negeri Lebanon semakin memburuk. Bahkan, demonstrasi besar-besaran terus terjadi di jalanan utama ibu kota hingga hari ini. Para demonstran itu menuntut reformasi dalam pemerintahan Lebanon. Mereka menilai para pemimpin negara mereka tidak berhasil menjalankan pemerintahan yang bersih.

Menanggapi demonstrasi itu, Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, mengatakan pada Sabtu, akan menyerukan agar pemilihan umum digelar lebih awal. Sementara itu, sejumlah menteri di kabinet Hassan Diab memilih untuk mengundurkan diri.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button