Penajam Paser Utara

Lanud Tipe A Dibangun di PPU

Nantinya akan menjadi bandara terbesar ketiga di Kaltim.

Report: Robi I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Landasan udara tipe A alias lanud berskala besar akan dibangun TNI AU di Kabupaten Penajam Paser Utara, PPU. Hal ini untuk melengkapi rencana pemindahan ibukota baru dari Jakarta ke Kaltim.

Demikian diutarakan Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam, Senin 13 Juli 2020. Landasan udara ini nantinya menjadi bandara terbesar ketiga di Kaltim, setelah bandara internasional SAMS Balikpapan dan Samarinda.

Ia mengamini, Pemerintah PPU menerima rombongan kerja Mabes TNI AU di Kantor Bupati PPU, pada Rabu (8/7) lalu. Kunjungan ini dilakukan untuk Audiensi terkait persiapan pelaksanaan survei lokasi Mabes AU dan Lanud Tipe A wilayah ibukota baru. Nantinya akan diperuntukan sebagai fasilitas militer TNI AU yang tengah dipersiapkan di PPU.

Pihaknya menyambut positif kunjungan kerja jajaran Mabes TNI AU. Ia mengatakan Pemerintah PPU juga berjanji memberi informasi yang dibutuhkan TNI AU, khususnya terkait kebutuhan kelengkapan persiapan ibukota baru.

Pihak TNI AU, lanjut Hamdam, saat itu dipimpin Kolonel PNB Joko Sugeng. Saat itu hadir pula Dandim 0913 PPU, Letkol Inf. Mahmud, Asisten II, Ahmad Usman, Asisten III, Surodal Santoso. Kunjungan mereka sekaligus meminta data-data terkait pembagian wilayah PPU.

“Rombongan meminta data batas-batas wilayah PPU sampai batas kecamatan untuk disajikan kepada pimpinan mereka,” papar Hamdam.

Menurut informasi dari Kolonel PNB Joko Sugeng, lanjut Hamdam, landasan udara yang akan dibangun ini bagian fasilitas pertahanan TNI AU yang ideal agar dapat terhubung dengan kepentingan pertahanan.

“Landasan yang akan dibangun adalah tipe besar bukan tipe kecil atau sedang. Landasan ini juga sebagai fasilitas VVIP apabila suatu saat nanti Kepala Negara akan melakukan pendaratan di wilayah ibukota baru,” terang Hamdam.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button