Bencana Alam

Lampung Diguncang Gempa

Gempa tidak menimbulkan tsunami

Report: Maya I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Gempa bumi mengguncang Lampung, Sumatera Selatan, magnitudo 5,4. Gempa tidak berpotensi tsunami meski pusat gempa berpusat di lautan.

Sesuai informasi dari Indonesia Tsunami Early Warning System BMKG, gempa itu terjadi pada Sabtu 16 Januari 2021 pukul 16:26:44 WIB, kedalaman pusat gempa berada pada 45 km.

“Koordinat pusat gempa di 6,41 Lintang Selatan dan 103,86 Bujur Timur. 135 km barat daya Pesisir Barat Lampung,” tulis BMKG.

Meski tidak berpotensi tsunami, BMKG menyarankan agar warga tetap berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Dalam peristiwa ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan.

Sebelumnya, di Majene Sulawesi Barat juga diguncang gempa Magnitudo 6,2. Gempa ini meruntuhkan pelbagai bangunan termasuk kantor gubernur, hotel, rumah sakit, dan sejumlah bangunan milik warga.

Dari data BNPB per Sabtu 16 Januari 2021 pagi, korban tewas akibat gempa di Sulbar tercatat sudah 43 orang. Korban paling banyak ada di Kabupaten Mamuju.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan korban tewas di Mamuju ada 34 orang. Sembilan korban tewas lainnya ada di Kabupaten Majene. Dua wilayah di Sulbar ini jadi wilayah terparah akibat gempa bumi.

“Total semua korban tewas 43 orang,” ujar Doni. Selain itu tercatat pula 200 orang mengalami luka berat dan sedang. Data ini termasuk korban luka di Kabupaten Majene yang berjumlah 69 orang.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button