Kaltim

Lampu Bandara APT Selesai Usai Natal

Report: Robby| Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Pemasangan Air Field Lighting, berupa lampu runway, taxiway dan apron di Bandara APT Pranoto Samarinda, ditarget tuntas sebelum tahun baru 2020.

Dari target tersebut, diprediksi semuanya sudah selesai sehari setelah Natal. Persisnya tangal 26 Desember mendatang. Informasi itu terungkap saat Menhub Budi Karya Sumadi meninjau bandara itu, Rabu, 18/Des/2019.

Menhub Budi Karya, mengaku mendapat tugas khusus untuk melihat dan memverifikasi lebih dekat, bandara di salah satu kota penyangga di ibu kota baru.

Dalam laporannya kepada Menhub Budi Karya, Kepala Bandara APT Pranoto Dodi Dharma Cahyadi menyampaikan, progres pengerjaan fasilitas bandara. Termasuk AFL dan pergerakan jumlah penumpang per hari.

“Pak Menteri bertanya, untuk AFL pelaksanaannya sampai berapa persen? Saya jawab, saat ini sudah 85 persen dan tanggal 26 Desember ini selesai. Sesuai disampaikan oleh pihak ketiga,” ujar Dodi.

Sedangkan trafik penumpang di bandara dengan panjang runway 2.250 meter itu, mencapai rata-rata 4.000 per hari.

“Pak Menteri melihat bandara kita terkejut, terakhir jumlah penumpang sudah 4.000 per hari. Artinya, per tahun, sudah 1 jutaan,” terang Dodi.

Ia mengatakan kebersihan dan penataan di bandara, juga mendapat apresiasi dari Menhub Budi Karya. Khusus kondisi sebagian lapisan bawah runway dan taxiway berupa gambut, mendapat atensi Menhub.

“Memang ada spot-spot khusus, yang ada di runway yang perlu diperbaiki. Itu akan dikonsultasikan dengan tim panel ahli,” ujarnya.

Menurut Dodi, rencananya pemerintah akan menambah perpanjangan runway menjadi 3.000 meter. Untuk taxiway, akan dibicarakan tindaklanjutnya terkait hasil verifikasi tim Ditjen Perhubungan Udara dengan tim panel ahli dari UGM.

Kemenhub, lanjut Dodi, tengah menginventarisir fasilitas dan kondisi terkini bandara, sebelum dikembangkan menjadi bandara lebih besar. “Kekurangan apa yang ada, berikut solusinya segera dicarikan,” jelasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button