Balikpapan

Lamaru dan Manggar Diterjang Banjir

Selain musibah banjir, ada pula kejadian pohon tumbang.

Report: Hendra I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Hujan yang mengguyur Balikpapan sejak Kamis-Jumat dinihari, 25-26 Juni 2020, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir. Dua di antaranya, wilayah Lamaru dan Manggar, Balikpapan Timur.

Wilayah itu, antara lain, RT 029 Kelurahan Tritip, RT 002, RT 011, RT06, dan RT 17 di Kelurahan Lamaru. Juga, dua RT di Kelurahan Manggar, yakni RT 062 dan RT 54. Ketinggian air di lokasi ini mencapai 20 sentimeter. Meski tidak terlalu tinggi tapi banjir ini cukup mengganggu aktivitas warga setempat.

Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Octavianto mengatakan pihaknya segera melakukan evakuasi pada korban banjir ke tempat lebih aman. Di antaranya, dilakukan di kawasan banjir di perumahan Graha Mulawarman, Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur.

“Kami terima informasi dari warga di perumahan itu, jam 2 siang,” ujar Octavianto, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 26 Juni 2020. Para petugas Basarnas Balikpapan segera menurunkan personel dan perahu karet untuk membantu mengevakuasi warga di 3 RT di Kelurahan Manggar Sari.

Ia menjelaskan selain Basarnas, unsur SAR lain yang melakukan pemantauan banjir di kawasan itu juga melibatkan BPBD Balikpapan, Balakarcana, TRC Bravo serta pihak Polresta Balikpapan dan Polsek Balikpapan. “Di perumahan itu, ketinggian air rerata 30 cm-1,2 meter,” jelasnya.

Di Perumahan Graha Mulawarman, warga yang terdampak banjir di antaranya RT 29, RT 59, dan RT 60. Beruntung dalam musibah ini tidak ada korban jiwa.

Selain pemantauan banjir, tim Basarnas juga melakukan proses evakasi pohon tumbang, akibat tiupan angin kencang. Pohon tumbang ini terjadi di RT 11 Sepinggan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button