Kaltim

Kukar Akan Bangun Rumah Sakit Baru

Report: Rendi I Editor: Dwi

TIMUR MEDIA – Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Rendi Solihin mengunjungi enam lokasi di Kecamatan Muara Badak, pada Rabu 24 Maret 201. Rencananya, lokasi ini akan dibangun rumah sakit baru.

Enam titik itu menjadi pertimbangan pembangunan rumah sakit yang bisa mengakomodir banyak warga, seperti Kecamatan Marang Kayu dan Kecamatan Anggana. Dari enam titik, akhirnya mengerucut di dua desa, yakni Desa Tanjung Limau dan Desa Batu-batu.

Dua desa itu akhirnya dipilih untuk dilakukan uji kelayakan lebih lanjut. Paling lambat, sambung Rendi, minggu depan sudah mendapat hasil keputusan mengenai titik mana yang akan menjadi lokasi akhir pembangunan RS.

“Tadi sudah bersepakat, apapun keputusan pemerintah semua sepakat mendukung program RS tersebut,” jelas Rendi.

Ia mengaku, pihaknya belum bisa mengambil keputusan terkait tipe RS yang akan dibangun di Muara Badak. Tapi kemungkinan tipe C, karena kondisi pembangunan seperti RS di Samboja dan Kota Bangun.

Terkait anggaran, Rendi juga belum bisa menyebut pasti karena harus memastikan lokasi terlebih dahulu. Namun pada dasarnya akan tetap berpatokan pada APBD.

“Untuk saat ini yang penting ada RS terlebih dulu, untuk pengembangan pasti akan tetap dilakukan ke depan,” jelasnya. Ia menjamin, tujuan selanjutnya akan dibangun klasifikasi rumah sakit yang lebih besar. Terkait luas lahan yang diperlukan, Rendi mengaku minimal dibutuhkan 3 hektare.

Rendi berharap kalau bisa jangan sampai ada pembebasan lahan. “Sebab, kebetulan lahan pemerintah dua titik, dan ada empat warga siap menghibahkan lahan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kukar Martina Yulianti berharap, adanya RS di Muara Badak bisa memudahkan masyarakat. Sehingga tidak perlu lagi menempuh jarak jauh ke Tenggarong dan Samarinda.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button