AdvPenajam Paser Utara

KPCEN – Diskominfo PPU Gelar Seminar Virtual

Report: Teguh I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau KPCPEN bersama Diskominsfo PPU menghelat seminar virtual. Agenda ini memfokuskan pemanfaatan program Pemulihan Ekonomi Nasional bagi UMKM.

Seminar virtual itu digelar pada Kamis 19 November 2020.

Kepala Diskominfo PPU Budi Santoso, dalam sambutannya menerangkan, dampak pandemi menyentuh seluruh aspek kehidupan. Terutama berimbas pada sektor ekonomi.

“Semua sektor ekonomi kena dampaknya. Bahkan Indonesia mengalami resesi ekonomi. Kabupaten PPU ikut pula merasakan dampaknya khususnya para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah,” papar Budi.

Ia merinci, di PPU ada sekitar 10.573. Dengan jumlah sebanyak ini, bila tidak ada kebijakan tepat maka akan banyak UMKM yang terancam gulung tikar. “Untuk itu perlu didorong agar mampu melahirkan inovasi seperti penguasaan sistem pemasaran online,” jelasnya.

Menurutnya dengan kebijakan work form home, sebagian besar aktivitas dan kebutuhan masyarakat Indonesia mengandalkan sistem online. “Nah, UMKM harus bisa menangkap peluang ini,” sarannya. Misal, dengan memanfaatkan market place lokal seperti Jamride yang salah satu layanannya antar jemput makanan.

“Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kebijakan program PEN bagi UMKM,” ujarnya. Untuk itu, melalui seminar virtual diharapkan dapat memberi pencerahan kepada masyarakat ihwal kebijakan Pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi.

Usai Budi Santoso memberi pengantarnya, agenda itu dilanjut dengan pemaparan narasumber dari Wakil Komite Tetap Infrastruktur Ekonomi Digital dan Pemerintah, KADIN Indonesia dan Praktisi IT Asosiasi Piranti Lunak dan Telematika Indonesia Febri Effendi dan Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Kabupaten PPU, Purwantara. *Adv

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button