Balikpapan

Korona, Uniba Kuliah Online lewat Aplikasi

Timur Media

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Uniba, Ir. Rahmat. (dok)

Report: Zainul| Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Kemendikbud mengeluarkan kebijakan libur bagi sekolah dan perkuliahan. Hal ini menyusul merebaknya virus korona di Indonesia.

Begitu pula seruan Pemkot Balikpapan, yang telah menerbitkan surat edaran Wali Kota, bernomor: 440/0275/HUK tentang Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran COVID-19.

Kendati demikian, sejumlah universitas di kota ini tak serta merta meliburkan mahasiswanya. Namun, beralih dari kuliah bertatap muka menjadi kuliah berbasis daring atau online.

Salah satunya Uniba aka Universitas Balikpapan yang memanfaatkan teknologi terkini.

Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Uniba, Ir. Rahmat, menjelaskan pihaknya tetap menghelat kuliah tanpa harus bertatap muka langsung dengan menggunakan sejumlah aplikasi khusus.

Melalui kuliah berbasis daring, menurut Rahmat, para mahasiswa tetap bisa menjalankan proses belajar mengajar tanpa kontak langsung.

“Salah satu aplikasi yang digunakan, Google Classroom. Aplikasi ini suatu learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, serta tes yang terintegrasi penilaian,” jelas Rahmat, Selasa 17 Maret 2020.

Namun, sambung Rahmat, aplikasi tersebut berbeda dengan media pembelajaran yang lain. Keunggulan media Google Classroom memiliki efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran.

“Sedangkan untuk pertemuan berbasis online aplikasi yang digunakan adalah Google Hangouts Meet, yaitu aplikasi video conference atau meeting online versi bisnis dari Google Hangouts yang dirancang untuk organisasi atau perusahaan dalam pelbagai ukuran,” paparnya.

Ia berujar, penggunan aplikasi ini bisa diakses melalui mobile dan desktop. “Apliaksi ini dapat digunakan secara cuma-cuma dan terbilang sederhana.”

Rahmat menerangkan, untuk perkuliahan online ini, dosen akan menjelaskan materi selama lima menit, sembari melihat tingkat kehadiran dari list yang mengikuti perkuliahan di Google Hangouts Meet,” jelasnya.

Setelah itu, ujar Rahmad, materi dibagikan via link Google Drive agar mahasiswa bisa membaca materi tersebut. Sedangkan untuk pertanyaan berkenaan dengan materi itu, bisa langsung ditanya via aplikasi Google Hangouts Meet.

Most Popular

To Top