Ibu Kota Baru

Konstruksi Ibukota Baru Dimulai Tahun Depan

Reporter: Robby I Editor: Fai

TIMUR MEDIA –  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono berharap proyek ibukota baru di Kaltim, bisa masuk ke fase konstruksi tahund depan. Pihaknya masih terus menyiapkan perencanaan dengan fokus pada desain dasar.

“Kami masih tahap perencanaan, sedang berfokus pada desain dasar ibukota baru dan penyusunan undang-undang atau payung hukumnya bersama DPR RI. Kami berharap pada tahun depan bisa beralih ke tahap konstruksi proyek ibukota baru,” ujar Basuki dalam pertemuan daring, dilansir Bisnis, Selasa 23 Juni 2020. Basuki mengatakan hal itu akan dielaborasi lebih lanjut dalam forum bisnis.

Alasannya, lanjut Menteri PUPR, pemerintah Indonesia tidak bisa bekerja sendiri. Melainkan juga bermitra dengan sektor swasta dari negara lain. Ia memproyeksikan ibukota baru nantinya bisa menjadi ibu kota yang ramah lingkungan dan mengadopsi teknologi kota pintar.

Sebelumnya ia menegaskan tidak ada satu kegiatan terkait ibukota baru di tahun ini selama pandemi Covid-19. Menurutnya, tidak ada kegiatan itu karena payung hukum dan undang-undangnya juga belum ada, sehingga Kementerian PUPR tidak mengalokasikan anggarannya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button