Nasional

Komnas HAM Dalami Ribuan Video Penembakan

Laporan diharapkan tuntas dua pekan ke depan.

Report: Ryan I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Choirul Anam menyampaikan, pihaknya tengah melakukan pendalaman terhadap 8.000 video dan foto. Jejak digital yang didalami itu berkaitan dengan insiden penembakan enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

“Dari 8.000 lebih video dan ribuan screen capture mewakili beberapa titik, seluruhnya sedang diamati kembali dan pendalaman oleh para Penyelidik Komnas HAM,” ujar Choirul dalam keterangan resminya, , Rabu 6 Januari 2021.

Menurutnya bukti ribuan potongan video dan foto itu diperoleh dari beberapa pihak yang telah dipanggil menjadi saksi beberapa waktu lalu.

Pelbagai bukti itu menjadi bagian dari finalisasi laporan akhir Tim Penyelidik Komnas HAM. Nantinya dibuat hasil rekomendasi akhir yang akan diumumkan ke publik.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan data itu. Tim Penyelidikan Komnas HAM RI berharap tahapan ini lancar,” ujarnya. Ia juga berharap peristiwa itu segera dapat terungkap terang benderang.

Sejauh ini Komnas HAM telah memanggil pelbagai pihak, seperti kepolisian dan FPI untuk mendalami keterangan investigasi. Komnas HAM menargetkan laporan akhir investigasi insiden itu bisa tuntas dalam waktu dua pekan ke depan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button