Balikpapan

Kobaran Api Lahap Asrama Polisi

Balikpapan

kebakaran di asrama polisi Balikpapan. (BPBD)

TimurMedia.com:

Report: Hendra| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Kobaran api melahap Wisma Segara Asrama Polisi di Pasar Baru, Jalan Jendral Sudirman, Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, Sabtu 11/ Jan/ 2020.

Musibah ini menghanguskan 14 rumah. Dengan estimasi kerugian materil sementara ratusan juta.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Balikpapan Suseno, api berkobar menghanguskan dua blok rumah di asrama polisi tersebut.

“Yang terbakar Blok A dan B Asrama Polisi Segara di Pasar Baru ini,” ujarnya. Api berkobar sangat besar dan merembet di perumahan Wisma Segara RT 28 Barak Blok B No 1-10.

Beruntung dalam musibah ini tak ada korban jiwa. Data sementara dari BPBD Balikpapan mencatat, korban terdampak ada 10 KK dengan 38 jiwa.

Asrama ini dihuni personel dari Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim. Korban terdampak untuk sementara ditampung di aula Polresta.

Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Dugaan sementara yang beredar, musibah ini dipicu korsleting listrik. Namun kepastiannya menanti penyelidikan lebih lanjut.

“Kita belum tau pasti penyebabnya. Kalau titik apinya menurut informasi di lapangan, dari bagian tengah rumah di Blok B,” jelasnya.

Dalam musibah ini Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, terjun langsung membantu pemadaman. Ia ingin memastikan jika anggotanya tidak ada yang menjadi korban jiwa dalam musibah ini.

“Saya mau pastikan keluarga saya disini tidak ada korban jiwa,” ujar Kapolda.

Kapolda tampak begitu sibuk memeriksa setiap wisma polisi satu-persatu untuk memastikan tidak ada api lagi.

“Alhamdulillah saya pastikan tidak ada yang menjadi korban jiwa dalam musibah ini,” ujar Kapolda.

Irjen Pol Muktiono mengaku prihatin dengan musibah ini. Kapolda juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu memadamkan api.

“Saya turut prihatin dan sedih dengan bencana yang menimpa keluarga saya, terima kasih kepada jajaran Pemkot Balikpapan dapat mengatasi masalah. Yang penting tidak ada korban jiwa,” tutur Kapolda Kaltim.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menuturkan, Pemkot akan membangun posko pengungsian sementara. Selain itu upaya tanggap darurat untuk jangka pendek membantu korban akan segera diberikan.

“Seperti makanan, tempat tidur kita bantu selanjutnya dilakukan penataan untuk dibangun kembali,” tutur Rizal.

Posko ini juga menerima bantuan dari warga yang prihatin dan peduli terhadap para korban kebakaran. “Kami atas nama pemerintah kota menyampaikan keprihatinan kepada korban,” ujar Rizal.

Most Popular

To Top