Nasional

Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Wafat

Report: Maya| Editor: Doni

TIMUR MEDIA – Innalilahi wainna ilaihi rajiun. Salah satu ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Yunahar Ilyas meninggal dunia.

Prof Yunahar yang juga Wakil ketua Majelis Ulama Indonesia, menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 2/Jan/2020, pukul 23.47 WIB karena sakit. Ia wafat pada usia 63 tahun di Rumah Sakit Sarjito, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kabar duka itu disampaikan ketua PP Muhammadiyah lainnya yakni Agus Taufiqurrahman.

Agus, yang turut mendampingi di rumah sakit, mengatakan Yunahar sebelumnya memiliki kondisi pada ginjalnya dan sedianya akan melakukan operasi.

“Prof Yunahar semula dalam rangka persiapan cangkok ginjal. Namun, karena kondisinya menurun, kemudian dirawat di ICU,” jelas Agus dalam keterangan yang dikutip di laman resmi Muhammadiyah, Jumat, 3/Jan/2020, pagi.

Agus Taufiqurrahman mengatakan Muhammadiyah kehilangan sosok Prof Yunahar sebagai ulama besar yang sangat tinggi dedikasi terhadap dakwah islam. 

“Bahkan dalam kondisi kurang sehatpun beliau masih aktif berdakwah. Kajian dan karya-karya beliau selalu menginspirasi kami generasi di bawah beliau,” kenang Agus.

Agus menambahkan, “Namun karena kondisi prof Yun menurun kemudian dirawat di ICU.”

Prof Yunahar adalah putra Bukittinggi kelahiran 22 September 1956. Almarhum menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1986. 

Menamatkan pendidikan dasar di Padang, dua gelar S1 diperoleh di Fak. Usluhuddin Universitas Ibnu Riyadh (1983) dan Fak. Tarbuyah IAIN Imam Bonjol tahun 1984. S2 dan S3 diselesaikan di Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga pada tahun 1996 dan 2004.

Selama bermuhammadiyah, pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah periode 2000-2005 dan pada periode 2005-2010 menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah.

Di luar muhammadiyah, tercatat sebagai salah satu unsur ketua di Majelis Ulama Indonesia Pusat. Sehari-hari, bekerja sebagai Dosen/Guru Besar di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sejak 1987.

Saat ini, jenazah ulama itu berada di Kantor PP Muhammadiyah di Jalan Cik Di Tiro Nomor 23, Yogyakarta. Rencananya, jenazah Yunahar akan dibawa ke Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada pukul 10.30 WIB.

Pelepasan jenazah akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB setelah salat Jumat. Adapun jenazah akan dimakamkan di permakaman Karangkajen yang juga merupakan tempat permakaman pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close