Nasional

Ketua DPRD PPU Ingatkan Masyarakat Jangan Panic Buying

Reporter : Teguh | Editor : Faisal

Timur Media, Penajam – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Jon Kenedi meminta masyarakat tidak  melakukan aksi borong bahan kebutuhan pokok atau panic buyingdalam menyikapi wabah COVID-19.

“Berbelanja sesuai kebutuhan, jangan berlebihan. Mohon tetap bijak berbelanja baik di toko-toko, swalayan maupun di pasar tradisional,” kata Jon Kenedi ketika ditemui di Penajam.

Bukan hanya kebutuhan pokok, masyarakat juga diminta tidak berlebihan melakukan pembelian masker dan hand sanitizeratau cairan antiseptik untuk pembersih tangan  dengan alasan untuk persediaan di rumah.

“Yang berdampak terkena kerugian dari pembelian barang berlebihan itu justru masyarakat sendiri karena akan terjadi kelangkaan barang kebutuhan yang memicu kenaikan harga,” kata politikus Partai Demokrat tersebut.

Jon Kenedi meminta masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara, agar tetap tenang jangan panik menghadapi wabah COVID-19, dan jangan sampai melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara berlebihan.

“Pembelian barang secara berlebihan merugikan berbagai aspek perekonomian, harga barang naik drastis, timbul kelangkaan barang kebutuhan dan yang benar-benar butuh barang itu bisa saja tidak mendapatkannya,” ucap Jon Kenedi.

Pengawasan pusat-pusat perbelanjaan, lanjut dia, juga perlu diperketat agar tidak terjadi “aksi borong” bahan kebutuhan pokok dengan mewabahnya COVID-19.

Dengan kondisi mewabahnya COVID-19, menurut dia, pasokan komoditas kebutuhan pokok juga berpotensi berkurang karena ada pembatasan kegiatan. Hal itu harus diantisipasi jangan sampai terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

“Jangan sampai di Kabupaten Penajam Paser Utara terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok, harus segera diantisipasi. Kami juga minta jangan ada oknum-oknum yang mempermainkan harga kebutuhan pokok memanfaatkan isu virus corona,” katanya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button