Ibu Kota Baru

Kemenkeu: Tak Ada Anggaran Ibukota

Tahun ini pemerintah fokus pada penanganan korona.

Report: Ryan I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan memastikan tahun ini tidak ada anggaran untuk pembangunan proyek ibukota baru di Kaltim. Pemerintah saat ini masih fokus menangani korona.

Ini disampaikan Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur, Brahmantio Isdijoso, dalam video conference, Sabtu akhir pekan lalu, 11 Juli 2020.

“Setelah ada Covid-19 fokus pemerintah semuanya ke upaya penanggulangan. Jadi setahu saya memang tidak muncul ada anggaran ibukota sejauh ini,” ujarnya.

Ia memaparkan saat ini benar-benar fokus pada pemulihan ekonomi akibat pandemi. Dengan demikian, proyek pemindahan ibukota dari Jakarta ke Kaltim masih belum menjadi fokus pemerintah.

Namun, lanjut Brahmantio, pemerintah telah menyiapkan anggaran pembangunan ibukota baru sebelum datangnya pandemi. “Pemerintah juga telah merencanakan beberapa skema yang akan digunakan untuk memenuhi biaya pembangunan ibukota,” katanya.

Brahmantio mengatakan arahan pimpinan soal pembiayaan ibukota baru seminimal mungkin memberi tambahan beban ke APBN. “Jadi arahnya ke creative financing,” jelasnya.

Sebelumnya Bappenas pernah memaparkan total dana yang dibutuhkan untuk pemindahan ibukota sekitar Rp 486 triliun. Mayoritas dana akan dipenuhi dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha. Rinciannya, 54 persen atau mencapai Rp 265,2 triliun.

Dana khusus dari swasta sebesar 26,2 persen dari total kebutuhan dana atau sebesar Rp 127,3 triliun. Pemerintah hanya mengalokasikan dana sebesar Rp 93,5 triliun atau 19,2 persen dari jumlah dana yang dibutuhkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kepastian anggaran pemerintah untuk membangun ibukota baru akan ditentukan dalam nota keuangan 2021. Alokasinya, akan mempertimbangkan kondisi APBN tahun ini. “Soal ibukota, kami akan lihat di nota keuangan 2021,” ujar Sri Mulyani, medio Juni 2020.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button