Nasional

Kemenag: Habib Rizieq Tetap Boleh Ceramah

Ceramah harus menyejukan.

Report: Ryan I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Kementerian Agama menyebut pembubaran organisasi Front Pembela Islam sudah final. Namun, tidak ada larangan bagi pemimpin FPI, Habib Rizieq Shihab untuk berceramah.

Hal itu ditegaskan Dirjen Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, dikutip dari Detik, Rabu 30 Desember 2020.

“Jadi, FPI sebagai organisasi sebagai ormas kan sudah tidak ada lagi, dilarang aktivitasnya, pemerintah sikap tegas,” ujar Amin.

Menurutnya selama ceramahnya baik, tidak masalahkan. Pemerintah hanya bisa melarang organisasinya. Namun, tidak bisa melarang kegiatan berceramah.

“Orang tidak bisa dilarang ceramah, tapi sebagai organisasi pemerintah tegas, sudah tegas kegiatan FPI tidak boleh beraktivitas,” papar Amin. Ia juga meminta ada batasan-batasan dalam berceramah. Batasan itulah yang harus dipenuhi Habib Rizieq.

“Ceramah harus teduh, menyejukkan, tidak boleh bertentangan konstitusi, tidak boleh ideologis, misal tidak boleh ganti dasar negara dengan khilafah, misalnya, tidak boleh,” ujar Amin.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button