Penajam Paser Utara

Kejari Pantau Dana Korona PPU

Report: Teguh I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara, melakukan pemantauan dana penanganan korona. Pantauan dan pengawasan dilakukan untuk mencegah terjadinya penyelewengan.

Kajari PPU I Ketut Kasna Dedi, mengaku telah melakukan klarifikasi pada dinas kesehatan setempat. “Saya sudah undang kepala dinas kesehatan untuk klarifikasi dan koordinasi,” ujarnya, Jumat 24 Juli 2020. Langkah tersebut dinilainya sebagai salah satu bentuk pencegahan.

Dana korona di PPU, besarannya mencapai Rp 71 miliar. Dana ini terbagi di tiga instansi, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Rumah Sakit. Karena itu, pihak kejaksaan melakukan pantauan dan pengawasan ketat terhadap anggaran yang cukup besar ini, jelas Kajari.

Kasna, sapaan karibnya, memaparkan koordinasi dan klarifikasi yang dimaksud ihwal pengadaan barang. Utamanya terkait kebutuhan selama penanganan di masa pandemi. “Klarifikasi keterlambatan alat rapid yang dipesan,” ujarnya.

Pihaknya juga memberi sejumlah  saran dan masukan kepada tiga instansi terkait, terutama yang bersinggungan dengan pencegahan penyelewengan dana.

“Tahapan dan pelaksanaannya jangan sampai ada penyelewengan,” katanya. Penggunaan dana tersebut akan turut diperiksa Aparatur Pemeriksa Intern Pemerintah, dalam hal ini BPKP.

Jika dari hasil pemerikasaan ada temuan unsur pidana, maka pihaknya yang bakal memprosesnya ke tahap hukum. “Kalau dari tahapan pemeriksaan oleh BPKP ada temuan, pasti akan diproses,” tegasnya.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button