Kaltim

Kaltim Terapkan Aturan 5M

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Satuan tugas Covid-19 Kaltim, mulai menerapkan kebijakan baru penerapan protokol kesehatan yang awalnya 3M menjadi 5M. ini dilakukan sebagai upaya menekan kasus korona di Benua Etam.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak, menjelaskan kebijakan 5M itu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan plus menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Ia mengatakan dua poin tambahan berupa mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan dimaksudkan untuk mendisiplinkan masyarakat agar tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan penting.

Menurutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di Kaltim saat ini, ditekankan pada 5M. “Mobilitas masyarakat yang bepergian dan pusat keramaian ditengarai sebagai pemicu kasus pandemi,” ujarnya, Selasa 2 Februari 2021. Dengan alasan itu, Satgas Covid-19 Kaltim menambah poin protokol yang semula 3M jadi 5M.

“Tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” ujarnya.

Selain informasi penerapan 5M, Satgas Covid-19 Kaltim membawa kabar gembira. Per Selasa 2 Februari 2021, jumlah pasien sembuh 33.432 kasus. Dalam satu hari ada tambahan 521 pasien sembuh.

“Ada lonjakan sembuh dan melampaui kasus terpapar virus” jelas Andi.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button