Kaltim

Kaltim Mau Bangun Lapas Baru

Report: Yoyo I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Pemerintah Kalimantan Timur mempersiapan lahan untuk pembangunan Lapas yang baru. Luasnya sekitar 1.000 hektare. Saat ini tahapannya tengah dalam proses. Hal itu diutarakan Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Saat ini tahapannya masih dalam proses, dengan luas sekitar seribu hektare. Lokasinya ada di sekitar Desa Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara. Yang cukup jauh dari Samarinda.

“Kita sudah merencanakan untuk merelokasi Lapas yang sudah over kapasitas, dengan mempersiapkan lahan,” ujar Isran, belum lama ini. Lahan besar yang disiapkan juga digunakan untuk aktivitas tambahan para warga binaan.

Isran memproyeksikam, di Lapas baru itu nantinya para napi bisa melakukan pelbagai kegiatan. Seperti bercocok tanam, berkebun atau aktivitas yang bermanfaat lainnya.

“Konsep Lapasnya dalam pikiran saya bukan seperti Lapas lah, karena para warga binaan nantinya bisa berkreasi dalam berbagai aktivitas, seperti berkebun maupun bertani,” ujar Isran.

Diwartakan sebelumnya, kondisi Lembaga Pemasayarakatan dan Rumah Tahanan di wilayah Kalimantan Timur dan Utara dinilai sudah melebihi kapasitas ideal.

Hal itu, menurut Kepala Kanwil Kemenkum HAM Kaltim, Sofyan, dinilai sudah waktunya butuh lahan baru untuk membangun Lapas. Yang bisa menampung napi dengan kapasitas ideal.

Menurutnya, secara keseluruhan di Kalimantan Timur dan Utara, kapasitas hunian Lapas dan Rutan sekitar 3.586 orang. Tapi saat ini penghuninya telah mencapai 12.850 orang.

“Artinya mengalami over kapasitas sekitar 339 persen,” ujar Sofyan pada, Selasa (16/8) lalu. Kondisi over kapasitas ini sudah terjadi saat Kaltim dipimpin Awang Faroek.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button