Kaltim

Kaltim Dibayangi Hujan Lebat

Report: Lina| Editor: Abi K

TIMUR MEDIA – Dalam rentang Januari sampai Ferbuari 2020, beberapa wilayah di Kaltim diprediksi bakal diguyur hujan deras. Hal ini berdasarkan prediksi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balikpapan.

Kepala BMKG Balikpapan, Ibnu Sulistyono menjelaskan hasil prediksi BMKG, sifat hujan di wilayah Balikpapan dan Samarinda cenderung rata-rata di atas normal.

Selain dua kota tersebut, sambung Ibnu, BMKG Balikpapan memprediksi sejumlah wilayah lain di Kaltim juga memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi.

“Kota Bontang, Kota Tenggarong dan Kabupaten Penajam Paser Utara diprediksi juga diguyur hujan deras selama bulan ini sampai Februari mendatang,” jelasnya.

Kendati demikian, sambung Ibnu, masyarakat tidak perlu khawatir karena kecepatan anginnya masih dalam batas rata-rata.

“Tapi kalau disertai awan Colomunimbus, maka kondisi cuaca bisa saja mengalami perubahan dan kecepatan angin akan lebih bertambah,” paparnya.

Ia mengimbau bagi seluruh warga Kaltim khususnya Balikpapan agar lebih berhati-hati dalam berkendara. “Dimana-mana jalanan licin, rentan kecelakaan. Waspada juga pohon tumbang,” jelas Ibnu.

Di Balikpapan, musim penghujan kerap mengakibatkan banjir dan longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan mencatat sampai Oktober 2019, sedikitnya ada 88 titik banjir di Balikpapan.

Tags
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close