Bencana Alam

Kalbar Diterjang Banjir

Belum ada laporan korban jiwa.

Report: Maya I Editor: Fai

TIMUR MEDIA – Sejumlah wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat diterjang bencana banjir, bahkan sejumlah titik ruas jalan di daerah itu tergenang air dengan kedalaman rerata satu meter.

Hal itu diutarakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan. “Sejumlah ruas jalan dan permukiman warga di Kapuas Hulu sudah mulai terendam banjir terutama di daerah Boyan Tanjung dan Bunut Hilir,” paparnya.

Menurut Gunawan, banjir di sejumlah daerah disebabkan meluapnya sungai Kapuas sejak Minggu (31/1). Ia menduga hal itu akibat curah hujan tinggi di perhuluan sungai Kapuas. Selain di Boyan Tanjung dan Bunut Hilir, banjir terjadi di sejumlah titik dataran rendah Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Kalis, serta Bika.

Ia mengatakan di Kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, dan Kecamatan Kalis, sudah ada beberapa ruas jalan serta pemukiman warga yang juga terendam banjir.

Dari informasi di lapangan, menurut Gunawan, ruas jalan di Boyan Tanjung menuju Bunut Hilir sudah terendam banjir dan beberapa desa di daerah itu di antaranya Desa Nanga Danau, Penemur dan Desa Entibab. Kapuas Hulu dinilai temasuk rawan banjir, ia mengimbau seluruh masyarakat agar waspada kemungkinan terjadinya banjir besar seperti tahun 2020.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button