Ibu Kota Baru

Jokowi Temui Tokoh Kaltim

Report: Lina| Editor: Teguh H

TIMUR MEDIA – Jokowi tiba di Balikpapan dan menemui puluhan tokoh adat Kaltim, Selasa, 17/Des/2019. Dalam agenda tersebut ia ditemani sejumlah menteri.

Di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Bappenas Suharso dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Termasuk Gubernur Kaltin Isran Noor.

“Saya sudah sampaikan kepada para menteri agar kita instal apa yang dibutuhkan,” kata Presiden.

Pertemuan itu digelar Jokowi sebelum menghadiri dua acara lainnya yaitu peresmian tol Balikpapan-Samarinda dan lokasi ibukota negara baru.

Diketahui, Jokowi akan menuju gerbang tol Samboja untuk meresmikan ruas tol Balikpapan-Samarinda seksi II dan IV, Samboja-Samarinda. Ia juga akan meninjau langsung ruas tol yang diresmikan itu.

Sore harinya, rombongan Istana dijadwalkan meninjau lokasi ibu kota baru di kawasan konsesi hak pengusahaan hutan PT ITCI, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Usai meninjau lokasi ibu kota baru, Jokowi akan menuju hotel untuk beristirahat dan melanjutkan agenda kerja esok hari.

Sebagai pengingat, pemerintah menyiapkan lahan seluas 180.000 hektare untuk ibu kota baru. Untuk kantor kementerian dan lembaga negara, diproyeksina menggunakan lahan 4.000—6.000 ha. Pembangunan tahap pertama mencakup area inti, yaitu lahan seluas 4.000 ha.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa mengatakan bahwa pemerintahan ibu kota baru berbentuk provinsi baru seluas total 256.000 ha.

Di dalamnya ada 56.000 ha yang menjadi daerah ibu kota. Dari luasan 56.000 hektare nantinya dibuat kawasan pemerintahan seluas 5.600 ha. Area 56.000 ha itu juga diatur oleh city manager yang bukan bagian dari daerah otonom.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button