Ibu Kota Baru

Jokowi Izin ke Tokoh Kaltim

2019

desain ibu kota baru

TimurMedia.com:

Report: Lina| Editor: Teguh H

TIMUR MEDIA – Siang ini, Jokowi melakukan pertemuan dengan tokoh Kaltim. Pertemuan dihelat di Rumah Makan De Bandar, Balikpapan, 17/Des/2019.

Di pertemuan itu, Jokowi meminta izin kepada tokoh adat Kaltim ihwal rencana pemerintah memindahkan ibu kota baru ke Benua Etam.

Ia mengingatkan pemindahan ibu kota ini akan menciptakan transformasi masyarakat dalam pelbagai aspek.

“Ada sebuah transformasi pindahnya budaya kerja, sistem kerja, pindahnya pola pikir kita, ya semuanya,” tutur Jokowi. Di pertemuan ini, ada sekitar 20 tokoh adat.

Usai pertemuan, Jokowi meresmikan tol Balikpapan-Samarinda yang menjadi akses untuk menuju ibu kota baru.

Setelah itu rombongan Istana dijadwalkan langsung menunju salah satu titik lokasi ibu kota baru di Kecamatan Sepaku, PPU.

Pemerintah menyiapkan lahan seluas 180.000 hektare untuk ibu kota baru. Untuk kantor kementerian dan lembaga negara, diproyeksina menggunakan lahan 4.000—6.000 ha. Pembangunan tahap pertama mencakup area inti, yaitu lahan seluas 4.000 ha.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa mengatakan bahwa pemerintahan ibu kota baru berbentuk provinsi baru seluas total 256.000 ha.

Di dalamnya ada 56.000 ha yang menjadi daerah ibu kota. Dari luasan 56.000 hektare nantinya dibuat kawasan pemerintahan seluas 5.600 ha. Area 56.000 ha itu juga diatur oleh city manager yang bukan bagian dari daerah otonom.

Most Popular

To Top