Kaltim

Jepang Bakal Investasi di Kaltim

Ilustrasi. (in)

TimurMedia.com:

Ilustrasi. (GI)

KALTIM, TIMURMEDIA.COM – PENGUSAHA negeri Sakura berencana investasi di ibu kota baru. Sebagai tahap awal, pertengahan November nanti delegasi pengusaha asal Jepang itu berkunjung ke Kaltim.

Plt Sekprov Kaltim, Sabani, menjelaskan investor Jepang bakal berkunjung ke Kaltim untuk melihat potensi bisnis.

“Mereka tidak rombongan, satu per satu. Melihat potensi dulu. Datangnya pertengahan November,” papar Sabani.

Menurutnya investor itu tertarik menanam investasi di ibu kota baru. Namun, untuk lokasi persisnya belum bisa dipastikan.

“Intinya beberapa investor di berbagai bidang ingin melihat ke Kaltim,” tegasnya.

Menurutnya, para investor ini akan berkomunikasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kaltim.

“Tujuannya melihat sumber daya potensial yang bisa digarap,” ujarnya. Para investor tersebut juga mempertanyakan kemudahan perizinan dan hal terkait kelancaran investasi lainnya.

Ia mengungkapkan sejumlah investasi yang dilirik, antara lain bidang transportasi, kesehatan, kayu, hotel, jaringan gas, dan pembangkit listrik tenaga air.

“Mereka juga tertarik untuk membangun rumah sakit,” jelasnya. Bahkan selain investasi, Jepang juga menawarkan kerjasama pengiriman tenaga kerja asal Indonesia.

“Syaratnya fasih berbahasa Jepang. Negara itu membutuhkan tenaga kerja baru karena saat ini mengalami pengurangan populasi. Terutama tenaga kerja usia muda,” jelasnya.

Alasannya, kalangan muda Jepang sangat selektif untuk memilih perusahaan yang diminati.

Sebelumnya, perusahaan pembuat rolling door asal Jepang, Sanwa Holdings Corporation juga tertarik berinvestasi di Benua Etam.

Melalui PT Sanwamas Metal Industry sebagai anak usahanya, perusahaan multinasional itu berencana melakukan ekspansi di ibu kota baru.

Brand and Marcom Manager PT Sanwamas Metal Industry, Rini Dewi Anggraeni menjelaskan, perusahaannya bergerak dalam industri manufaktur rolling door.

Di bawah payung Sanwa Holdings Corporation, perusahaan Negeri Sakura itu menguasai pemasaran rolling door di Jepang, Eropa, dan Amerika.

“Rencana pemindahan ibu kota menjadi pertimbangan kami membidik Kalimantan Timur sebagai langkah ekspansi,” jelasnya. (HMS)

Most Popular

To Top