Mozaik

Jaga Keluarga dari Siksa Neraka

Penulis: Ickur (Ketua LAKPESDAM NU Balikpapan)

Dalam QS. Al Baqarah ayat 183 Allah SWT berfitman;
يآ أيها الذين آمن كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون.

يآ أيها الذين
Hai orang-orang yang telah beriman… Karena kalimat ini menggunakan fi’il madli (kata kerja bentuk lampau) Jadi yang diseru atau yang dipanggil adalah orang yang telah beriman, kalau yang belum beriman tidak termasuk dalam seruan ini.

كتب عليكم الصيام
Telah ditetapkan kepada kalian! Apa yang ditetapkan? الصيام. Apa itu الصيام? Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi puasa karena kata inilah yang paling mendekati dengan makna صيام atau صوم.

Sebelum Islam masuk ke Nusantara, sudah ada kebiasan Upawasa yang dikemudian hari berubah menjadi puasa, tata caranya ditinggalkan karena berbeda dengan syariat Islam tapi kosa katanya diambil untuk menerjemahkan kata صوم atau صيام yaitu secara istilah menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

كما كتب على الذين من قبلكم
Seperti telah ditetapkan kepada orang-orang sebelum kalian, jadi sebelum ketetapan wajibnya puasa disyariatkan kepada kita, orang-orang sebelum kita juga telah diperintahkan untuk berpuasa sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah.

Apa orang-orang sebelum kita yang diwajibkan untuk berpuasa itu termasuk orang-orang nusantara kuno yang melaksanakan Upawasa?
لعلكم تتقوم
Agar kalian bertaqwa. Perestasi yang ingin diraih ketika melaksanakan ibadah puasa adalah Taqwa.

Taqwa berasal dari kata وقى – يقي – وقاية yang berarti menjaga, memelihara atau melindungi. Apa yang akan dijaga? Dan dijaga dari apa?

Dalam QS. At Tahrim ayat 6 Allah SWT berfirman;
يآ أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا
Hai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka.

Jadi pada hakikatnya kita berpuasa untuk dapat meraih prestasi atau gelar yang disebut taqwa, supaya kita dapat menjaga diri kita dan keluarga kita dari siksa neraka.
و الله اعلم بالصواب.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button