Hiburan dan Olahraga

Italia Juara Eropa

By Ahmad Mulyadi

TIMUR MEDIA — Tim Nasional Sepakbola Italia berhasil menjadi Juara Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Inggris di Stadion Wembley, Inggris, tadi malam waktu setempat (11/7/2021). Kemenangan Italia ini diraih setelah melalui adu penalti (3-2).

Pada babak pertama, Inggris terlebih dahulu unggul melalui gol cepat Luke Shaw di menit ke dua. Gol ini merupakan gol tercepat sepanjang sejarah Piala Eropa.

Setelah gol itu, pertandingan didominasi oleh Tim Azzurri Italia yang dimotori oleh Jorginho dari lapangan tengah. Italia sempat mendapatkan kesempatan emas mencetak gol pada babak pertama ini namun masih bisa dimentahkan oleh pertahanan Inggris.

Pada babak kedua, Italia terus mendominasi jalannya pertandingan. Pemain depan mereka asal Juventus, Federico Chiesa, bahkan dua kali mendapatkan kesempatan emas mencetak gol namun masih belum berhasil.

Pemain Juventus lainnya, Leonardo Bonucci, akhirnya berhasil memecah kebuntuan dengan melesakkan gol dari jarak dekat setelah memanfaatkan bola pantulan di depan gawang Inggris pada menit ke 67. Setelah gol ini, kedua tim tak mampu menciptakan gol tambahan dalam waktu normal sehingga harus melalui babak tambahan.

Selama 30 menit babak tambahan tidak satu gol pun tercipta sehingga kedua tim harus beradu tendangan 11 meter. Dalam babak adu penalti ini, Gianluigi Donnarumma menjadi salah satu kunci kesuksesan kemenangan Italia. Penjaga gawang yang baru saja dikontrak PSG ini berhasil memblok dua tendangan penalti pemain Inggris. Italia akhirnya berhasil mengukuhkan Gelar Juara Eropa keduanya sejak 1968 lalu.

Italia Juara Eropa
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button