KaltimPariwisata

Isran Minta Jaga Wisata Maratua

Report: Yoyo I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Gubernur Kaltim Isran Noor menjelaskan Pulau Maratua, menjadi salah satu potensi kekayaan alam kawasan wisata bahari yang telah dikenal wisatawan domestik dan mancanegara. Di sini sangat banyak ragam spot wisata bahari dan ecotourism. Untuk itu, ia minta agar wisata ini terus dijaga.

“Bahkan di sini ada kawasan pantai dengan air lautnya berwarna biru tosca. Warna yang sangat indah itu berasal dari organisme plankton yang sangat banyak yang merupakan sumber makanan bagi ikan dan spesies laut lainnya,” papar Isran, belum lama ini.

Keindahan alam Maratua, lanjut Isran, menjadi kelebihan tersendiri. Termasuk pulau lain di sekitarnya. Seperti Kakaban yang dikenal dengan danau berisikan ubur-ubur tidak beracun. Lalu Sangalaki yang dikenal sebagai penangkaran penyu dan di kawasan lautnya ada habitat pari manta. Kemudian gugusan Kepulauan Derawan dan lainnya.

Ia mengatakan Indonesia memiliki sumber daya yang sangat lengkap yang tidak dimiliki negara lain di dunia. Termasuk di Kaltim yang memiliki kekayaan alam berlimpah di daratan dan lautan.  Kekayaan alam itu menjadi sangat potensial untuk dikembangkan dan dikelola untuk kesejahteraan rakyat. Tak terkecuali Maratua.

Karena itu, Isran meminta masyarakat bisa menjaga dan melestarikan lingkungan di Pulau Maratua dan sekitarnya, khususnya di kawasan laut. Hal ini agar ekosistem laut dapat terjaga baik. Kesadaran menjaga lingkungan ini harus dibangun dan dimiliki warga, karena hal itu kunci dari kawasan pariwisata. “Dengan lingkungan yang bersih dan ekosistem yang terjaga maka membuat minat para wisatawan yang datang meningkat,” katanya.

Isran mengungkapkan kekecewaannya pada pusat karena sudah tiga kali Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tidak ada satupun objek wisata di Pulau Kalimantan dan khususnya di Kaltim yang masuk program prioritas dan unggulan Kementerian Pariwisata RI sebagai Kawasan Pariwisata Strategis Nasional.

I Humasprov

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button