Internasional

India dan China Sepakat Akhiri Konflik Militer

Red : Ahmad Mulyadi

MOSKOW, TIMUR MEDIA — Pemerintah India dan China sepakat untuk menarik pasukan militer mereka dari daerah perbatasan kedua negara tersebut. Demikian dilaporkan media asing berbahasa Jerman, tagesschau.de, kemarin.

Dalam pertemuan yang digelar di Moskow itu, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dan Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, menyampaikan keinginan mereka untuk secepatnya mengakhiri ketegangan yang belakangan meningkat di daerah perbatasan tersebut. Kedua menteri itu pun sepakat untuk menggunakan jalan dialog dalam memecahkan sengketa wilayah tersebut.

China dan India sebelumnya telah mengerahkan ribuan tentara mereka di wilayah perbatasan India-China, di Pegunungan Himalaya, tepatnya di Ladakh, wilayah yang diklaim oleh masing-masing pihak. Akibatnya, konflik bersenjata di antara mereka pun pada akhirnya tak terhindarkan.

Pada Juni lalu, 20 tentara India dinyatakan tewas dalam konfrontasi tersebut. Sementara pihak China tidak melaporkan secara resmi korban dari pihak mereka. Kedua pihak saling menuduh telah melakukan provokasi militer sehingga ketegangan pun terus meningkat di antara dua negara kekuatan nuklir itu.

Konflik militer di antara dua negara dengan populasi terbesar di dunia itu telah berlangsung berulangkali sejak China mengklaim tanah seluas 90.000 kilometer persegi di wilayah yang berada di bawah kendali India. Bahkan pada 1962 lalu, kedua negara tersebut menggelar perang singkat di perbatasan Himalaya. Lalu pada 1967 dan 1975, kedua pihak kembali terlibat adu kekuatan militer demi mendapatkan wilayah sengketa tersebut.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close