Ibu Kota Baru

Ibu Kota Baru Zero Blankspot

Wakil Bupati PPU, Hamdan. (dok)

Editor: Teguh Hartono

TIMUR MEDIA – KABUPATEN Penajam Paser Utara perlahan namun pasti menuju kota pintar. Daerah pecahan Balikpapan ini terus berbenah.

Menyiapkan diri menjadi ibu kota baru. Salah satu yang diprioritaskan Pemkab setempat membenahi perangkat teknologi di daerah ini.

Wakil Bupati PPU, Hamdan, mengatakan tren masyarakatnta untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi terbilang sangat tinggi.

Pihaknya terus memanjakan masyarakat dengan menyediakan jaringan internet. “Saat ini internet sudah jadi kebutuhan utama. Alhamdulillah PPU sudah tidak ada lagi wilayah yang blankspot,” jelasnya.

Padahal, dalam beberapa tahun ke belakang di PPU masih ada beberapa titik yang sulit mengakses internet. Andai pun ada lebih sering lemot.

“Smart city sudah menjadi keharusan, kebutuhan internet sesuatu yang wajib. Saat ini tidak ada lagi lelet-leletnya. Tidak ada lagi lemot, nggak ada lagi blankspot,” terangnya.

Hal ini, lanjut Hamdan, sebagai satu wujud keseriusan untuk memantaskan diri sebagai smart city alias kota pintar.

Namun, Hamdan tak jumawa. Sebelum menerapkan secara keseluruhan di wilayahnya, Pemkab PPU akan merealisasikan konsep smart city tahap demi tahap.

Yakni dengan mengimplementasikan di satu desa lebih dulu. “Tentu banyak yang harus dipersiapkan. Memang tugas berat kami ke depannya itu, karena harus menyesuaikan diri menjadi ibu kota smart city,” papar Hamdan.

Selain menghilangkan wilayah blankspot, ujar Hamdan, pihaknya juga telah mengembangkan e-government, e-planning, e-budgeting, dan e-reporting.

“Kita termasuk salah satu kabupaten yang mendapat penghargaan inovasi di bidang pengembangan e-government,” paparnya.

🅣🅘🅜🅤🅡 🅜🅔🅓🅘🅐

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close