Internasional

Meski Pandemi, Haji Dimulai Lagi

Red : Ahmad Mulyadi

MEKAH, TIMUR MEDIA — Salah satu rukun Islam, yakni ibadah haji, telah dimulai lagi sejak Rabu ini (29/7/2020) setelah sebelumnya melalui proses karantina. Ibadah haji kali ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan jumlah jamaah yang sangat terbatas akibat wabah corona (COVID-19).

Menurut laporan Aljazeera, seluruh jamaah yang datang kali ini diwajibkan menggunakan masker, diperiksa suhu tubuhnya dan menggunakan gelang elektronik yang telah disediakan oleh Pemerintah Saudi Arabia untuk memantau keberadaan mereka. Selain itu, para jamaah diwajibkan saling menjaga jarak minimal satu koma lima meter.

Pemerintah Saudi Arabia pun telah menginstruksikan para petugas haji untuk senantiasa siaga menjaga protokol kesehatan di sekitar bangunan paling sakral dalam agama Islam : Ka’bah, bangunan berkain hitam dan bersulam emas yang terletak tepat di tengah Masjidil Haram, bangunan yang biasanya menjadi rebutan jutaan jamaah dari seluruh dunia. Tahun ini, tak seorang pun jamaah haji diperbolehkan untuk menyentuh apalagi mencium bangunan suci tersebut demi menjaga protokol kesehatan di tengah wabah COVID-19.

Menurut laporan Daily Sabah, ibadah haji tahun ini hanya diikuti sekitar seribu orang yang berdomisili di Saudi Arabia. Dua pertiga dari jumlah tersebut merupakan penduduk dari 160 kewarganegaraan berbeda agar bisa mewakili umat Islam dunia. Sedangkan sepertiga lainnya adalah para personel keamanan dan staf medis dari Pemerintah Saudi Arabia.

Kemudian, proses pendaftaran haji kali ini pun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Melalui portal online, Pemerintah Saudi Arabia menyeleksi para pendaftar haji berdasarkan kriteria usia dan kondisi kesehatan. Hanya mereka yang berusia antara 20 hingga 50 tahun, tanpa penyakit terminal dan tidak menunjukkan gejala COVID-19 yang dapat mengikuti ibadah haji tahun ini.

Selain itu, demi kelancaran ibadah haji di tengah pandemi ini, Pemerintah Saudi Arabia pun telah memberikan fasilitas istimewa. Di antaranya yaitu dengan menggratiskan seluruh biaya perjalanan, akomodasi, makanan dan juga perawatan kesehatan bagi seluruh jamaah haji.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close