Bencana AlamNasional

Hari Pertama 2020, Jakarta Dikepung Banjir

Report: Ryan| Editor: Lina

TIMUR MEDIA – Memasuki hari pertama tahun baru 2020, Ibu Kota DKI Jakarta dikepung banjir. Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa 31/Des/2019 malam sampai Rabu 1 Januari 2020 mengakibatkan Jakarta lumpuh.

Banjir tak hanya merendam jalanan tapi juga permukiman di pelbagai wilayah.

Jalanan ke pusat-pusat perkantoran seperti di kawasan Kuningan, Gatot Soebroto, dan Jenderal Sudirman pun terendam banjir. Bahkan, tak hanya jalan arteri, banjir juga merendam jalan tol.

Berikut titik banjir yang diinformasikan TMC Polda Metro Jaya. Titik banjir menyebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Banjir 40 sentimeter merendam perempatan Kuningan Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, sejak pagi hari. Kemudian di Jatiwaringin Pondok Gede Jakarta Timur banjir juga mendatangi permukiman warga sejak pukul 07.30 WIB.

Selanjutnya Kelapa Gading Jakarta Utara, Kemang dan Pondok Karya serta Mampang Jakarta Selatan. Lalu di Komplek Duta Harapan Indah Jakarta Utara. Pinan Ranti dan Rawamangun Jakarta Timur.

Begitu pula di sejumlah titik di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Bahkan, warga yang wilayahnya terendam banjir pun mengungsi, termasuk ke halte TransJakarta.

“Halte-halte yang kena banjir dan tidak beroperasi dapat dikoordinasikan dengan lurah dan petugas halte untuk pengungsian,” kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta, Nadia Diposanjoyo, kepada wartawan, Rabu, 1/Jan/2020.

Salah satu halte yang menjadi lokasi pengungsian adalah halte Jembatan Baru. Pihak TransJakarta juga menghentikan sementara layanan di sejumlah rute karena banjir.

Bahkan sepanjang jalur Banjir Kanal Timur atau BKT di Duren Sawit Jakarta Timur ikut meluap.

“Baru pertama kali terjadi. Sebelumnya BKT selalu surut bahkan hampir kering,” ujar Lila, warga Duren Sawit, yang dihubungi TIMUR via seluler.

Tags
Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close