Kaltim

Hari Ini Jembatan Mahakam IV Diresmikan

Report: Roby| Editor: Faisal

TIMUR MEDIA – Hari ini, Kamis 2/Jan/2020, Jembatan Mahakam IV akan diresmikan. Rencana ini diutarakan Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi.

“Hasil uji beban sudah memenuhi syarat. Sudah bisa dilewati. Insya Allah, Kamis 2 Januari 2020, Jembatan Mahakam IV akan diujicoba,” ujar Hadi, belum lama ini.

Nantinya jembatan ini akan dipercantik dengan lampu tematik yang akan menyala dalam rentang waktu tertentu. Yakni dari pukul 19.00 hingga 24.00 Wita.

Wagub menerangkan kepastian peresmian jembatan lantaran merujuk keluarnya hasil uji beban dari Komisi Keselamatan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

“Hasilnya menyatakan Jembatan Mahakam IV sudah memenuhi syarat untuk digunakan,” jelasnya.

Hadi berujar hasil sementara uji beban KKJTJ lebih bagus dari uji beban jembatan yang sudah ada. Ujicoba dilakukan sambil menunggu sertifikat laik fungsi jembatan dari KKJTJ Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Perkiraan akan diterima dalam waktu satu bulan ke depan,” katanya.

Jika jembatan ini telah beroperasi, masyarakat perlu mengingat. Untuk tahap awal ujicoba, fungsional secara teknis kendaraan yang diperbolehkan melintas masih sebatas kendaraan penumpang termasuk bus dan motor serta dua jalur di sayap kiri dan kanan.

Sedangkan truk belum diperkenankan melintas sampai keluarnya surat laik dari KKJTJ. Bentang bawah jembatan ini atau jalur navigasi jauh lebih lebar.

“Jadi lebih aman. Terlalu kalau ada ponton yang masih menabrak,” sindir Hadi.

Jalur navigasi Jembatan Mahakam IV lebih besar dibanding Mahakam I. Yakni membentang sepanjang 150 meter. Sedangkan Jembatan Mahakam I hanya 90 meter.

Kepala Dinas PUPR Kaltim, Taufik Fauzi menjelaskan rencana ke depan. Katanya, setelag Jembatan Mahakam IV beroperasi, Jembatan Mahakam di sebelahnya akan direhabilitasi oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan.

“Jembatan di sebelah ini usianya sudah 30 tahunan. Memang perlu diperbaiki, namun teknisnya BPJN XII yang akan melakukan,” jelas Taufik.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close