KaltimPangan

Harga Komoditas Pangan Kaltim

Reporter: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional mencatat, di pasar tradisional Kaltim, harga cabai merah keriting dan minyak goreng naik. Harga cabai merah keriting naik 1,89 persen atau Rp 850, sehingga harga per kg menjadi Rp 44.150. Harga tersebut mengacu pada data per Jumat, 11 Februari 2022.

Selain cabai merah keriting, harga minyak goreng juga mengalami kenaikan. Harga minyak goreng bermerk 2 naik tipis Rp 100 atau 0,5 persen. Sehingga harganya mencapai Rp 19.800 per kg. untuk bawang merah ukuran sedang dan cabai merah rawit mengalami penurunan harga.

Adapun delapan komoditas pangan lainnya, harga tidak mengalami perubahan.

Harga komoditas pangan di Kaltim. (hpn) admintimurmedia | Timur Media | Referensi Baru

Yakni, telur ayam ras segar, bawang putih ukuran sedang, cabai merah besar, cabai rawit hijau. Lalu, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan bermerk 1, gula pasir kualitas premium, dan gula pasir lokal.

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional juga mencatat rata-rata harga cabai merah keriting per kg harian di pasar modern di beberapa provinsi tercatat Rp 58.000 per kg, data per Jumat, 11 Februari 2022.

Namun secara keseluruhan, rerata minggu ini turun dibanding rata-rata pekan lalu, yang tercatat Rp. 62,03 ribu per kg. Harga cabai merah keriting harian di pasar modern Kaltim menjadi yang termahal se-Indonesia dengan harga jual Rp 99.450 ribu per kg.

Dibandingkan sebulan lalu, harga cabai merah keriting di provinsi ini tidak mengalami perubahan.

Harga jual tertinggi yang pernah dicatat di wilayah ini adalah Rp 99.450 ribu per kg. Sedangkan di pasar modern Kalimantan Barat, harga cabai merah keriting dijual seharga Rp 85.500 per kg dan menjadi yang termahal kedua di dalam negeri.

Di urutan ketiga, harga cabai merah keriting di Papua Barat seharga Rp 71.500 per kg, Jawa Timur Rp 69.050 per kg, dan Kep. Bangka Belitung Rp 59.900 per kg.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button