Bencana Alam

Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas

Belum ada laporan terkait korban jiwa.

Report: Ryan I Editor: Isnan

TIMUR MEDIA – Gunung Semeru meletus, pada Sabtu 16 Januari 2021, pukul 17.48 WIB. Gunung api di Kabupaten Lumajang Jawa Timur itu meluncurkan awan panas berjarak luncur sekitar 4,5 kilometer.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Titik awan panas berada di sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan. Ia mengabarkan hal itu dalam cuitannya.

“Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” jelas Thoriqul Haq dalam cuitan di akun Twitternya.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati mengingatkan agar masyarakat di sekitar Desa Sumber Mujur dan Dusun Curah Koboan dan sekitarnya waspada.

Terutama saat menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan. Khususnya intensitas curah hujan yang tinggi. “Sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin,” papar Raditya dalam pernyataan resminya.

Menurut laporan pengamatan visual tampak asap meluncur ke arah Tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko. Asap kelabu pekat itu meluncur dalam volume yang besar. Adapun hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke Utara.

Status Gunung Semeru saat ini berada pada level II atau waspada. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi masih melakukan evaluasi lebih lanjut. Hingga saat ini belum ada keterangan terkait korban jiwa.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button