Politik

Golkar: Tolak Bantuan Bank Dunia

Report: Janu| Editor: Nina

TIMUR MEDIA – Politisi Golkar M Misbakhun meminta pemerintah menolak bantuan dari World Bank atau IMF untuk penanganan virus korona.

Misbakhun mengatakan Indonesia masih cukup memiliki dana untuk menangani wabah Covid-19 ini.

“Saya minta Pemerintah jangan memakai bantuan IMF dan World Bank untuk menanggulangi virus corona,” ujar Misbakhun, dikutip dari Teropong Senayan, Kamis 26 Maret 2020.

Anggota Komisi XI DPR RI tersebut menegaskan, dana yang dimiliki Indonesia masih cukup tanpa harus berutang pada IMF dan World Bank.

Ia memaparkan sumber dana yang dimiliki, di antaranya dana dari pungutan bea ekspor sawit di Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit,  dana lingkungan hidup di Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup, Dana Riset Perguruan Tinggi, serta dana dari Surat Utang Negara.

“Selain itu masih ada juga dana APBN yang ada BA99 yang selama ini dikelola oleh menteri keuangan,” terang Misbakhun.

Menurutnya bila Indonesia menolak hutang kepada IMF dan World Bank akan menjadi keuntungan tersendiri untuk negara.

“Supaya kita tidak terjebak pada bantuan IMF dan World Bank yang sering mengikat pada kebijakan dan policy ekonomi dan politik Indonesia di masa depan,” ujarnya.

Misbakhun mengimbau pemerintah untuk tidak menerbitkan global bond saat pasar sedang terimbas wabah virus corona untuk mengatasi kebutuhan belanja negara.

Alasannya, ujar Misbakhun, penerbitan global bond pada masa-masa seperti ini akan menjadi kesempatan bagi fund manager asing untuk memeras institusi negara yang sedang membutuhkan uang untuk likuiditas jangka pendek.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close