Nasional

Gempa, Ribuan Warga Ternate Mengungsi

Gempa bumi berpotensi tsunami. (BMKG)

Report: Lina| Editor: Abi

TIMUR MEDIA – RIBUAN warga Ternate mengungsi ke perbukitan, Jumat 15/Nov/2019 dini hari. Warga juga berbondong-bondong berlarian ke tempat lebih tinggi, usai guncangan gempa.

Gempa 7,4 SR yang melanda wilayah Maluku Utara dan Sulawesi Utara, disusul adanya peringatan terjadinya tsunami.

Gempa tektonik yang terjadi sekitar pukul 23:17:41 Wita dengan Lokasi gempa 1.63 LU, 126.40 BT ini juga mengagetkan warga masyarakat Ternate.

Kepala BPBD Maluku Utara Hasan Ahmad mengatakan, peringatan dini tsunami belum dicabut sehingga ribuan masyarakat masih mengungsi di tempat lebih tinggi atau di perbukitan. 

“Saat ini kita belum bisa menginventarisir kerusakan dan korban akibat gempa yang terjadi. Warga termasuk saya saat ini masih mengungsi di tempat yang lebih tinggi. Jadi kita belum bisa berbuat banyak,” jelas Hasan Ahmad, dikutip dari SINDOnews, Jumat.

Menurutnya, daerah yang berpotensi tsunami berdasar pemodelan yaitu meliputi Halmahera, Kota Bitung dan Kota Ternate. Statusnya waspada dengan perkiraan ketinggian maksimum 0,5 meter.

Gempa terjadi, Kamis 14/Nov/2019, pukul 23.17.41 WIB. Adapun lokasi gempa 1.63 Lintang Utara dan 126.40 Bujur Timur dengan kedalaman gempa 10 Km.

Pusat gempa ini berlokasi di 137 km barat laut Jailolo, Malut. “Potensi tsunami untuk diteruskan pada masyarakat,” kata BMKG lewat Twitter-nya.

🅣🅘🅜🅤🅡 🅜🅔🅓🅘🅐

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close