Bencana Alam

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu

Report: Maya I Editor: Isnan Rahardi

TIMUR MEDIA – Gempa tektonik dengan Magnitudo 5,8 mengguncang Provinsi Bengkulu, Kamis 7 Desember 2021, dini hari pukul 00.28 WIB.

Titik gempa berada di 4.50 Lintang Selatan (LS) – 102.54 Bujur Timur.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah mengatakan, gempa magnitudo 5,8 ini termasuk kategori dangkal yang berpusat di Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Menurutnya gempa ini dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu. Semisal di Kota Bengkulu, IV-V MMI, Manna, Kabupaten Bengkulu, IV MMI, Kepahiang III-IV MMI, Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, III MMI, Kabupaten Rejang Lebong III MMI, Kabupaten Bengkulu Tengah, III MMI.

Selain itu di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, III MMI, Pagar Alam, Sumatera Selatan III MMI, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, III MMI, Pesisir Barat, Sumatera Barat, II-III MMI, dan Liwa, Lampung, II-III MMI.

”Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan di sejumlah daerah di Bengkulu dan provinsi tetangga,” terangnya. Gempa di Kabupaten Bengkulu Selatan, termasuk gempa dengan kedalaman dangkal, akibat aktivitas zona subduksi.

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault. ”Masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan dan sekitarnya diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Gempa berada di 41 Kilometer (Km) Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Selatan, 47 km Tenggara, Kabupaten Seluma, 84 km Timur Laut Kota Bengkulu, 84 km Tenggara Kabupaten Bengkulu Tengah, 510 km Barat Laut, Jakarta.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button