Internasional

Gempa Kuat Guncang Kawasan Aegea

Red : Ahmad Mulyadi

ANKARA, TIMUR MEDIA — Gempa bumi sebesar 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang sejumlah wilayah yang berada di kawasan Laut Aegea, terutama Turki dan Yunani, pada Jumat kemarin. Demikian dilaporkan Kantor Berita Turki, Anadolu Agency (31/10/2020).

Untuk wilayah Turki, daerah yang paling terkena efek gempa adalah Provinsi Izmir dan sekitarnya. Di wilayah tersebut, sebanyak 28 orang dinyatakan meninggal dunia dan 880 orang mengalami luka-luka. Sementara di Yunani, menurut laporan TRT (31/10/2020), efek gempa ini paling terasa di Kota Samos dan sekitarnya. Di wilayah tersebut, gempa bumi telah memporak porandakan bangunan-bangunan penduduk setempat maupun bangunan-bangunan fasilitas umum. Namun pemerintah setempat belum melaporkan seacara rinci jumlah korban jiwa dan korban luka akibat gempa tersebut.

Pasca gempa tersebut, pemimpin Turki maupun pemimpin Yunani saling menyampaikan rasa duka mereka dan menyatakan kesiapan mereka untuk saling membantu. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis telah melakukan komunikasi langsung via telepon terkait hal ini.

Selain itu, para pemimpin dari negara-negara lain pun telah menyampaikan kesiapan mereka membantu menanggulangi bencana alam tersebut. Hal itu disampaikan di antaranya oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, Menteri Luar Negeri Prancis Le Drian, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Perdana Menteri Iran Hassan Rouhani, serta para pemimpin dari negara-negara Arab.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button