Bencana Alam

Gempa di Banten Guncangan sampai Jakarta

Report: Ryan I Redaktur: Basir

TIMUR MEDIA – Gempa tektonik magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Banten Selatan.  Guncangannya terasa hingga beberapa daerah, termasuk Jakarta. Gempa terkini itu terjadi pada Jumat 1 April 2022, dengan kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan pengumuman kejadian gempa itu. Gempa di Bayah, Banten itu terjadi pukul 14:14 WIB. Melalui akun resmi Twitternya, BMKG menyebut gempa ini berada berkoordinat 7.14 LS-106.01 BT, 35 km Barat Daya Bayah, Banten.

“Tidak berpotensi tsunami,” ungkap BMKG, dikutip dari akun Twitter resmi BMKG, Jumat.

BMKG menjelaskan, gempa dirasakan sampai Pelabuhan Ratu, Panggarangan, Tanjung Lesung, Jakarta, Tangerang Selatan, dan Tangerang. “Di lantai 16 plaza oleos, lagi becandaan gempa kok tiap hari Jumat terus pas kita WFO. Tiba2 beneran gempa lagi,” papar salah satu netizen.

Menurut Koordinator Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, seperti dilaporkan Kompas, episenter gempa terletak pada koordinat 7,14 derajat LS dan 106,01 derajat BT, tepatnya di laut pada jarak 29 Km arah Tenggara Cikeusik, Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

Ia berujar dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa itu jenisnya gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.  Melalu hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser.

Yang diduga dipicu Sesar Cimandiri yang menerus ke laut.

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button