Mozaik

Gamis dan Cingkrang

Tergantung ada tidaknya aturan terkait.

Penulis: Ickur

TIMUR MEDIA – Di twitter beredar foto seorang ASN-PNS berseragam KORPRI yang model bajunya mirip gamis dan bercelana cingkrang.

Netizen ramai-ramai menyalurkan hasrat purbanya dengan membully ASN-PNS yang berseragam kantor dengan model aneh itu. Bahkan ada yang sampai mengusulkan supaya ASN itu dipecat.

Dengan bermodal foto itu, buzzer kemudian menggiring opini bahwa banyak ASN-PNS dan karyawan BUMN yang terjangkit paham radikal anti Pancasila.

Terlepas dari ada tidaknya aturan model berseragam bagi ASN-PNS, sebenarnya soal pilihan berpakaian itu hak pribadi seseorang, tergantung kenyamanan si pengguna pakaian itu. Yang penting tidak melanggar konvensi sosial tempat dimana ia berinteraksi.

Di sisi lain, orang yang berpakain aneh itu seyogyanya tidak memaksakan model berpakaiannya kepada orang lain sebagai model berpakaian ideal yang harus diikuti. Sampai di sini sebenarnya tidak ada masalah, yang penting saling mengerti soal selera dan kenyamanan berpakaian masing-masing yang berbeda.

Seperti yang telah disebutkan, bahwa sepanjang tidak melanggar konvensi sosial atau peraturan yang ada, berarti tak ada masalah. Tapi kalau dalam suatu lembaga atau komunitas terdapat aturan tertulis yang sudah ditetapkan, nah tidak ada jalan lain selain patuh terhadap aturan. Kalau tidak patuh, ya melanggar, dan pelanggaran biasanya ada sanksi, dan yang melanggar harus siap kena sanksi.

Jadi persoalannya bukan pada model berpakaian, tapi pada ada tidaknya peraturan yang telah ditetapkan. Kalau misalnya dalam suatu komunitas atau lembaga tidak ada hukum yang mengatur soal model berpakaian, berarti suka-suka orang mau berpakaian atau berpenampilan seperti apa yang dimau.

Masa urusan receh seperti ini dipersoalkan?

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button
Close
Close