Internasional

Gaji ART Rp 5 Juta

Report: Maya I Editor: Basir

TIMUR MEDIA – Mulai 1 April 2022, tenaga kerja wanita Indonesia yang menjadi pembantu rumah tangga atau ART di Malaysia, akan mendapat gaji sebesar Rp 5 juta. Gaji ini mengikuti gaji minimal yang berlaku di Negeri Jiran itu.

Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia, Saravanan menegaskan gaji pembantu rumah tangga akan dibayar mengikuti gaji minimum di sana.

“Hal ini isi dalam memorandum persepahaman terkait pengambilan dan perlindungan pembantu rumah tangga Indonesia di Malaysia yang ditandatangani pada 1 April 2022,” ujar Saravanan, Rabu 13 April 2022, dikutip dari Antara. Ia berharap tidak ada lagi kekeliruan yang timbul soal gaji bagi PRT dari Indonesia setelah penjelasan ini.

Penandatangan MoU pengambilan dan perlindungan PRT di Malaysia dilakukan pada 1 April yang disaksikan Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob Jokowi di Istana Merdeka.

Sebelumnya Saravanan memberi tanggapannya ihwal tajuk surat kabar setempat yang menyatakan gaji PRT Indonesia mulai RM 1.200 atau sekitar Rp 4,07 juta per bulan. Menurutnya Pemerintah tidak bisa melakukan permintaan Indonesia yang meminta gaji PRT dibayar RM 1.500 atau Rp 5,09 juta.

“Kecuali atas persetujuan majikan,” ujarnya.

Namun kini Indonesia dan Malaysia telah melaksanakan MoU tentang pengambilan dan perlindungan pembantu rumah tangga Indonesia pada 1 April lalu setelah sebelumnya berulang kali tertunda.

Duta Besar Indonesia ke Malaysia, Hermono menegaskan majikan di Malaysia yang mau mengambil pembantu rumah tangga dari Indonesia perlu membayar gaji RM 1.500 seperti ditetapkan dalam MoU.

I Antara

Selengkapnya...

Terkait

Back to top button